Pengaruh Pengendalian Internal terhadap Efektivitas Penjualan

Main Article Content

Taufik Hidayat
Elleke Zefanya

Abstract

Efektivitas penjualan adalah realisasi target penjualan suatu perusahaan. Target penjualan hanya dapat dicapai apabila seluruh komponen perusahaan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan instruksi dari pimpinan. Menganalisis pengaruh antara variabel pengendalian internal terhadap efektivitas penjualan adalah tujuan dari penelitian ini. Data-data pada variabel yang digunakan diambil secara langsung melalui survei. Penelitian berfokus pada sebuah perusahaan bernama CV. Anugerah Perkasa. CV. Anugerah Perkasa adalah perusahaan yang menjual alat-alat tulis. Data kemudian dianalisis dengan regresi linier. Hasil yang ditunjukkan dalam penelitian ini adalah variabel pengendalian internal mempengaruhi efektivitas penjualan secara signifikan.

Article Details

How to Cite
Hidayat, T., & Zefanya, E. (2021). Pengaruh Pengendalian Internal terhadap Efektivitas Penjualan. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Keuangan, 2(1), 20-29. https://doi.org/10.51805/jmbk.v2i1.30
Section
Artikel

References

Ariyanti, R. (2014). Analisis Break Even Point sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Manajemen terhadap Perencanaan Volume Penjualan dan Laba (Studi Kasus pada PT. Cakra Guna Cipta Malang Periode 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis, 11(1).

Barata, B. A. W., & Kurniawati, D. (2020). Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas Terhadap Penjualan Tunai Pada Koperasi Karyawan Pt Anabatic Technologies Tbk. Proseding Seminar Nasional Akuntansi, 2(1).

Hamel, G. (2013). Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Terhadap Piutang Pada PT Nusantara Surya Sakti. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(3).

Handayani, S. (2017). Pengaruh Penyelesaian Klaim Asuransi Terhadap Pencapaian Target Penjualan Produk Asuransi AJB Bumiputera 1912 Cabang Bengkulu. EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 5(1).

Hanum, Z. (2014). Pengaruh Persepsi Pengusaha Kecil Atas Informasi Akuntansi Keuangan Terhadap Keberhasilan Perusahaan (Survei Pada Usaha-Usaha Kecil Di Kota Medan). Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 13(2).

Herawaty, N., & Yuliasari, R. (2013). PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI TERHADAP EFEKTIVITAS PENJUALAN DENGAN PENGENDALIAN INTERN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. Jurnal Akuntansi Media Riset Akuntansi & Keuangan, 6(2), 131–142.

Hijriani, A., Muludi, K., & Andini, E. A. (2017). Implementasi metode regresi linier sederhana pada penyajian hasil prediksi pemakaian air bersih pdam way rilau kota bandar lampung dengan sistem informasi geofrafis. Jurnal Informatika Mulawarman, 11(2), 37–42.

Jannah, M. (2018). Analisis Pengaruh Biaya Produksi Dan Tingkat Penjualan Terhadap Laba Kotor. Banque Syar’i: Jurnal Llmiah Perbankan Syariah, 4(1), 87–112.

Kusuma, B., & Sadjiarto, R. A. (2014). Analisa pengaruh volatilitas arus kas, volatilitas penjualan, tingkat hutang, book tax gap, dan tata kelola perusahaan terhadap persistensi laba. Tax & Accounting Review, 4(1), 53.

Lumempouw, G. (2015). Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Terhadap Penjualan Kredit Pada PT. Sinar Pure Foods International. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(5).

Musa, S. H. (2013). Evaluasi sistem pengendalian manajemen untuk meningkatkan kinerja manajer penjualan pada PT. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 1(4).

Nasution, L. M. (2017). Statistik deskriptif. Hikmah, 14(1), 49–55.

Putra, A. W. Y., & Badjra, I. B. (2015). Pengaruh leverage, pertumbuhan penjualan dan ukuran perusahaan terhadap profitabilitas. E-Jurnal Manajemen, 4(7).

Retnawati, H. (2016). Analisis kuantitatif instrumen penelitian. Parama Publishing.

Rustami, P., Kirya, K., & Cipta, W. (2014). Pengaruh Biaya Produksi, Biaya Promosi, Dan Volume Penjualan Terhadap Laba Pada Perusahaan Kopi Bubuk Banyuatis. Jurnal Manajemen Indonesia, 2(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Suhardani, L., Suarthana, W. R., & Surono, S. E. (2019). PERANAN AUDIT OPERASIONAL DALAM MENUNJANG EFEKTIVITAS PENJUALAN PADA PT JPS. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Akuntansi, 5(5).

Wangi, N. K. S., Nuridja, I. M., & Bagia, I. W. (2014). Analisis Belum Tercapainya Target Penjualan Elektronik Dan Furniture (Sebuah Kajian Dari Perspektif Manajemen Pemasaran). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1).

Winata, S. V. (2016). Perancangan standard operating procedure (SOP) pada chocolab. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(1), 77–86.