Pengaruh Rasio Profitabilitas dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Harga Saham

Authors

  • Hernawan Hanif Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Islam Syari'ah Bina Mandiri
  • Irna Fuadyah Sekolah Tinggi Ekonomi Bisnis Islam Syari'ah Bina Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.51805/jmbk.v2i1.32

Keywords:

rasio profitabilitas, pertumbuhan penjualan, harga saham

Abstract

Permintaan investor pada pasar modal terhadap saham perusahaan sangat membuat perbedaan dengan target keuntungan dan kesepakatan yang telah dicapai oleh perusahaan. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan pada subsektor pertambangan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019. Dari 44 perusahaan, diperoleh 13 perusahaan yang digunakan untuk analisis dalam penelitian ini. Data tersebut diolah dengan metode regresi linier. Dari hasil penelitian dapat disimpulakan bahwa profitabilitas tidak mempengaruhi variabel harga saham, sementara variabel pertumbuhan penjualan mempengaruhi harga saham secara signifikan.

References

Aditya, R. Y., & Suwitho. (2014). Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Harga Saham Pada Perusahaan Rokok Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 3(5), 1–21.

Ady, S. U., & Mulyaningtyas, A. (2017). Eksplorasi tingkat efisiensi pasar modal Indonesia studi kasus di Bursa Efek Indonesia. Ekspektra: Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 1(2), 103–123.

Hani, S., & Rahmi, D. A. (2014). Analisis pertumbuhan penjualan dan struktur aktiva terhadap struktur pendanaan eksternal. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 14(1), 89–97.

Hutami, R. P. (2012). Pengaruh Dividend Per Share, Return On Equity Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Perusahaaan Industri Manufaktur Yang Tercatat Di Bursa Efek Indonesia Periode 2006-2010. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 104–123.

Ircham, M. (2014). Pengaruh Struktur Modal dan Profitabilitas Terhadap Harga Saham (Studi pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009-2012). Jurnal Administrasi Bisnis, 11(1), 1–8.

Ismaida, P., & Saputra, M. (2016). Pengaruh pertumbuhan penjualan, profitabilitas, ukuran, dan aktivitas perusahaan terhadap struktur modal pada perusahaan property dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2012-2014. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Akuntansi, 1(1), 221–229.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan (1st ed.). PT. Raja Grafindo Persada.

Kumala, D. (2020). Pengaruh Profitabilitas Terhadap Return Saham Dengan Nilai Perusahaan Sebagai Variabel Mediasi Pada Indeks Saham Syariah Indonesia Sektor Industri Barang Konsumsi Periode 2013-2017. I-Finance: A Research Journal on Islamic Finance, 6(2), 90–105.

Kumayas, N. D., Pangemanan, S., & Alexander, S. (2018). PENGARUH ARUS KAS OPERASI DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP HARGA SAHAM PADA PERUSAHAAN INDEKS LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN (2012-2016). Going Concern: Jurnal Riset Akuntansi, 13(2), 659–667.

Mahapsari, N. R., & Taman, A. (2013). Pengaruh Profitabilitas, struktur aktiva, dan pertumbuhan penjualan terhadap harga saham dengan struktur modal sebagai variabel intervening pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(1), 137–158.

Nahoji, S. J. M., Abadi, H. R. D., & Rafat, B. (2014). The relationship between stock prices and debt ratio and Capital flows with assets. Interdisciplinary Journal of Contemporary Research in Business, 6(1), 34–43.

Naray, A. R., & Mananeke, L. (2015). Pengaruh pertumbuhan penjualan, struktur aktiva dan ukuran penjualan terhadap struktur modal pada Bank Pemerintah kategori Buku 4. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(2), 896–907.

Pražák, T., & Stavarek, D. (2017). The effect of financial ratios on the stock price development. Interdisciplinary Economics and Business Research, 43.

R.A., D. P., & Rahmanti, W. (2013). Return dan risiko saham pada perusahaan perata laba dan bukan perata laba. Jurnal Dinamika Akuntansi, 5(1), 55–66.

Raharjo, D., & Muid, D. (2013). Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental Rasio Keuangan Terhadap Perubahan Harga Saham. Diponegoro Jurnal of Accounting, 2(2), 1–11.

Rahmadewi, P. W., & Abundanti, N. (2018). Pengaruh EPS, PER, CR dan ROE terhadap harga saham di Bursa Efek Indonesia. E-Jurnal Manajemen, 7(4), 2106–2133.

Sukoco, A. R. F. (2015). Pengelolaan modal kerja usaha mikro untuk memperoleh profitabilitas (studi pada UD. Warna Jaya periode 2011-2013). Jurnal Administrasi Bisnis, 22(1), 1–9.

Suweta, N. M. N. P. D., & Dewi, M. R. (2016). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Struktur Aktiva, dan Pertumbuhan Aktiva Terhadap Struktur Modal. E-Jurnal Manajemen, 5(8), 5172–5199.

Winarno, Hidayati, L. N., & Darmawati, A. (2015). Faktor-faktor yang memengaruhi profitabilitas perusahaan manufaktur yang listed di bursa efek Indonesia. Jurnal Economia, 11(2), 143–149.

Wirajaya, A., & Mahatma, A. S. (2013). Pengaruh struktur modal, profitabilitas dan ukuran perusahaan pada nilai perusahaan. E-Jurnal Akuntansi, 4(2), 358–372.

Zahroh, S. N. (2016). Analisa risiko dan keuntungan investasi saham batu bara di bursa efek Indonesia (Tahun 2010-2014). Jurnal Ekonomi Pembangunan, 13(1), 42–54.

Published

2021-04-30

Issue

Section

Artikel